Tuesday, 8 September 2015

Tips Membeli Laptop untuk Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru harus siap pula mengerjakan berbagai tugas perkuliahan. Saat ini, jurusan apapun yang anda ambil tidak mungkin bisa menghindar dari kebutuhan gadget pintar bernama laptop. Selain biaya-biaya awal yang sifatnya wajib, mahasiswa baru dituntut mempersiapkan berbagai hal yang bisa mendukung perkuliahan, salah satunya laptop. Lalu, bagaimana tips membeli laptop untuk mahasiswa baru agar bisa banyak membantu proses belajar?
tips membeli laptop untuk pelajar dan mahasiswa baru

Meskipun saat ini muncul banyak sekali produk smartphone yang konon disiapkan untuk menggantikan fungsi laptop, namun sepertinya kedua produk ini bukanlah berasal dari generasi yang sama. Keduanya memiliki fungsi yang sama-sama tidak akan bisa diborong oleh salah satu gadget tersebut. Bisa saja smartphone memiliki fiture untuk kebutuhan pengetikan, namun layar yang kecil sepertinya akan menjadi masalah cukup serius dalam hal ini. Begitu juga sebaliknya, laptop bisa diperkaya dengan fiture telepon atau sms misalnya, namun bisa anda bayangkan layar yang cenderung besar akan membawa sedikit kesulitan untuk fungsi mobile.

Gadget yang bisa dibilang segenerasi dengan laptop adalah PC desktop. Ya, PC Desktop berevolusi menjadi laptop. Dan laptop mungkin akan berevolusi menjadi gadget sejenis yang lebih canggih. Tapi bukan smartphone. Laptop dan smartphone memiliki pasar masing-masing, jadi okelah tidak perlu kita bahas di sini.

Tingginya tingkat persaingan industri laptop saat ini memberikan tantangan tersendiri buat pengguna untuk bisa memilih mana laptop yang terbaik untuk dirinya, tentu sesuai kebutuhannya

1. Pilih Laptop dengan Desain yang Menurut Anda Bagus

Ini penting loh! Cari yang bagus. Yang enak dilihat. Yang membuat kamu nyaman ketika memakainya. Mengerjakan tugas itu terkadang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Kalau laptop sebagai alat utamanya itu memiliki tampilan yang buruk, tentu akan membuat anda bosan. Desain yang bagus bisa menambah semangat anda dalam mengerjakan tugas kuliah.

2. Pilih Prosesor Terbaik

Prosesor itu ibarat otak dari laptop. Satuannya biasanya dalam GHz. Semakin besar GHz biasanya semakin cepat kinerja laptop tersebut. Procesor sangat besar pengaruhnya pada performa laptop secara keseluruhan. Melalui procesor ini masukan di proses untuk kemudian disalurkan pada bagian-bagian lain seperti Ram, dan Hardisk. Ada dua merk procesor yang saat ini populer di pasaran yaitu intel dan AMD. Keduanya bagus, pilihlah kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Spesifikasi laptop (Spek)

Jangan beli laptop hanya berdasarkan brand. Bisa jadi brand memang bisa menentukan seberapa bagus kontrol kualitas dan servisnya. Namun, dalam hal ini, kita sangat perlu untuk mengetahui spesifikasi laptop yang akan kita beli. Prosesor, ram, hardisk, kartu grafis, dan lain-lain. Prosesor biasanya dihubungkan dengan otak sebuah laptop, hardisk dengan kapasitas penyimpanan, dan Ram dengan kecepatan. Ketiganya berkerja sama. Untuk anda yang banyak memiliki tugas berbasis grafik, bisa memilih laptop dengan performa kartu grafis mumpuni.

4. Pilih Sistem Operasi Preinstalled danOriginal

Saat ini banyak sekali beredar OS bajakan yang digunakan pada laptop. Walaupun kita mendapatkannya dari toko langsung. Menggunakan OS Windows (bagi pengguna windows) yang original dibanding bajakannya tentu memiliki berbagai kelebihan. Selain resmi, tentunya memiliki pelayanan langsung dari microsoft. Potensi terserang virus atau malware membahayakan pun berkurang dengan pelayanan sistem keamanan dari microsoft langsung. Jika memungkinkan, carilah laptop dengan OS windows asli dan preintalled untuk mengurangi kebutuhan waktu untuk menginstallnya. Jika memang tidak memungkinkan mendapatkan laptop preinstalled dengan OS original, silahkan membeli OS original di tempat yang resmi, kemudian jika anda tidak bisa menginstallnya sendiri, minta bantuan teman atau jasa install operation sistem untuk laptop anda.

5. Berapa Budget anda?

Laptop dengna performa terbaik tentunya mengharuskan kita merogoh kocek cukup dalam. Jika budget kita terbatas, pilihlah laptop dengan performa yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kebutuhan anda hanya untuk mengetik, laptop dengan spesifikasi menengah bisa dipilih.

6. Laptop Garansi?

Ini penting, loh. Memiliki garansi seperti memiliki jaminan tak langsung yang akan menambah kenyamanan kita saat menggunakannya. Jika kemudian menemukan permasalah-permasalahan terkait dengan software atau hardware tersebut, kita bisa mengklaim tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu banyak. Bahkan bisa saja gratis sesuai perjanjian garansi yang ada.

1 comment: